Lawatan Sejarah Wujud Menyambut Merdeka Belajar

Lawatan Sejarah di Museum Aceh, Senin, 17 Mei 2022

Banda Aceh | SMA Negeri 11 Banda Aceh pada tahun ajaran baru 2022/2023 resmi menjadi sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Hal tersebut ditetapkan dalam Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 025/H/Kr/2022

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMA Negeri 11 Banda Aceh dengan kategori Mandiri Berubah, yaitu menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan.

Sebagai wujud mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka, SMA yang berjuluk Trieng Kuneng ini telah melaksanakan program Lawatan Sejarah dengan melibatkan 120 orang siswa. Kegiatan ini diusung oleh MGMP Sejarah SMA Negeri 11 Banda Aceh dengan mengangkat tema “Memupuk Kesadaran Sejarah Bagi Generasi Muda, Wujud Merawat Identitas Bangsa”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 17 Mei 2022 dengan konsentrasi kegiatan di Museum Aceh. Kegiatan di Museum Aceh melibatkan 60 orang siswi.  Selanjutnya pada Jumat, 20 Mei 2022 Lawatan Sejarah kembali dilaksanakan dengan melibatkan 60 orang siswa, adapun lokasi kegiatan dilaksanakan di Masjid Tuha Indrapuri dan Makam Pahlawan Nasional Teungku Chik Di Tiro.

Kepala SMA Negeri 11 Banda Aceh, Dra. Nuriati, M. Pd mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dilakukan oleh guru harus aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Bu Nuri juga menambahkan, PBM tidak hanya dilakukan di dalam kelas melainkan bisa memanfaatkan lingkungan sekitar untuk meningkatkan minat belajar siswa.

“Banyak sekali contoh-contoh PBM yang bisa dilakukan di luar sekolah, seperti; pasar, mall, bank, OJK, BPOM, pertanian dan lain sebagainya,” ungkap Bu Nuri.

Menyambut Kurikulum Merdeka, Kepala SMA Negeri 11 Banda Aceh mengajak para guru dan siswa untuk berinovasi serta meninggalkan PBM yang membosankan.***

Galeri Kegiatan Lawatan Sejarah

Siswa SMA 11 Banda Aceh sebelum berangkat Lawatan Sejarah
Lawatan di Masjid Tuha Indrapuri
Lawatan ke Situs Makam Pahlawan Nasional Teungku Chik Di Tiro